Pengaruh Influencer Marketing, Diskon, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Tiktok Shop (Studi Kasus Masyarakat Konsumen Kabupaten Jember)
DOI:
https://doi.org/10.36985/6gsm6775Keywords:
Influencer Marketing, Diskon, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh influencer marketing, diskon, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific di TikTokShop dengan studi kasus pada masyarakat konsumen di Kabupaten Jember. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Influencer Marketing (X1) memiliki nilai thitung sebesar 7.644 > ttabel 1.985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Diskon (X2) memperoleh thitung sebesar 3.436 > 1.985 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Online Customer Review (X3) menunjukkan thitung 2.954 > 1.985 dengan signifikansi 0,004 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa ketiga variabel tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,717 menunjukkan bahwa 71,7% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sementara sisanya sebesar 28,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini memperkuat bahwa strategi pemasaran digital sangat relevan dalam mempengaruhi perilaku konsumen di era e-commerce.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Vikiyah Amalina Siham, Akhmad Suharto, Wenny Murtalining Tyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.