Pengaruh Influencer Marketing, Diskon, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Tiktok Shop (Studi Kasus Masyarakat Konsumen Kabupaten Jember)

Authors

  • Nur Vikiyah Amalina Siham Universitas Muhammadiyah Jember Author
  • Akhmad Suharto Universitas Muhammadiyah Jember Author
  • Wenny Murtalining Tyas Universitas Muhammadiyah Jember Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/6gsm6775

Keywords:

Influencer Marketing, Diskon, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh influencer marketing, diskon, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific di TikTokShop dengan studi kasus pada masyarakat konsumen di Kabupaten Jember. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Influencer Marketing (X1) memiliki nilai thitung sebesar 7.644 > ttabel 1.985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Diskon (X2) memperoleh thitung sebesar 3.436 > 1.985 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Online Customer Review (X3) menunjukkan thitung 2.954 > 1.985 dengan signifikansi 0,004 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa ketiga variabel tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,717 menunjukkan bahwa 71,7% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, sementara sisanya sebesar 28,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini memperkuat bahwa strategi pemasaran digital sangat relevan dalam mempengaruhi perilaku konsumen di era e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Siham, N. V. A., Suharto , A., & Tyas, W. M. (2025). Pengaruh Influencer Marketing, Diskon, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Tiktok Shop (Studi Kasus Masyarakat Konsumen Kabupaten Jember). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 7(2), 501-511. https://doi.org/10.36985/6gsm6775

Similar Articles

1-10 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.