Pendidikan Numerasi Berbantuan Game Sederhana Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36985/39epvx93Keywords:
Numerasi, Game Sederhana, Sekolah DasarAbstract
Pelaksanaan pendampingan pendidikan numerasi berbantuan game sederhana ini dilaksanakan atas kerja sama mahasiswa Program Mengajar Kampus Merdeka dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Institut Shanti Bhuana, Bengkayang. Sasaran pendampingan ini ialah peserta didik kelas IV dan kelas V SDN 16 Pakeng. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SDN 16 Pakeng, dengan menggunakan dua cara, yakni paparan materi dan praktek. Persiapan kegiatan pelatihan melibatkan beberapa tahap penting yang diawali dengan survei lokasi sekolah. Tahap selanjutnya dalam persiapan ialah pengumpulan dan pengecekan alat dan bahan yang digunakan, serta akomodasi yang diperlukan untuk pelatihan. Paparan materi disampaikan di awal sebagai bekal pemahaman peserta didik terkait pendidikan numerasi, setelah itu praktek numerasi menggunakan beberapa game sederhana. Kemudian tahap akhir ialah evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara mengajak dan mengarahkan peserta didik untuk bermain secara mandiri menggunakan game sederhana yang sudah disediakan oleh tim pengabdian. Tujuan pendampingan ini untuk meningkatkan kemampuan numerasi pada anak sekolah dasar berbantuan game sederhana di SD 16 Pakeng. Harapanya para peserta didik kelas IV dan kelas V SDN 16 Pakeng semakin sadar bahwa kemampuan numerasi sangat penting dibantu pemahaman melalui game sederhana yang memudahkan peserta didik memahami numerasi secara sederhana
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Margaretha Lidya Sumarni, Siprianus Jewarut, Felisitas Viktoria Melati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.