Edukasi Literasi Digital Untuk Menciptakan Penggunaan Internet Yang Aman DI UPT SDN 060831 Medan

Authors

  • Balqis Nurmauli Damanik Prodi Kesehatan Masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Columbia Asia Translator
  • Syahferi Anwar Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Haji Sumatera Utara, Medan Author
  • Irma Valentina Manurung Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Haji Sumatera Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/ysnbn947

Keywords:

Literasi Digital, Internet Sehat, Etika Digital, Pendidikan, UPT SDN 060831 Medan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa banyak dampak positif dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah kemudahan akses informasi melalui internet. Namun, penggunaan internet yang tidak bijaksana dapat menimbulkan berbagai risiko seperti penyebaran informasi yang tidak akurat, cyberbullying, dan penyalahgunaan data pribadi. Melihat hal tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa di UPT SDN 060831 MEDAN, dengan fokus pada etika berinternet dan keamanan siber. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif dan edukatif, melalui sosialisasi, diskusi kelompok, simulasi, serta permainan interaktif. Sebelum kegiatan, dilakukan survei untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai teknologi digital, yang kemudian digunakan untuk menyesuaikan materi edukasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa mengenai penggunaan internet yang aman, etika digital, serta cara melindungi data pribadi mereka. Program ini juga berhasil membentuk sikap kritis dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan teknologi, yang diharapkan dapat menciptakan lingkungan digital yang lebih sehat dan aman bagi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Anwar, S., & Manurung, I. V. (2025). Edukasi Literasi Digital Untuk Menciptakan Penggunaan Internet Yang Aman DI UPT SDN 060831 Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 5(1), 86-90. https://doi.org/10.36985/ysnbn947

Similar Articles

11-20 of 63

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)