Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar “Membangun Karakter dan Keterampilan Siswa SD Guppi Uswatun Hasanah untuk Indonesia Emas”

Authors

  • Yosi Irawelda Wahyuni Saragih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Author
  • Muhammad Fauzi Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Author
  • Jun Kifran Manik Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Author
  • Rikawati Rikawati Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/6agnpf12

Keywords:

Peran Pendidikan, Literasi, Numerasi, Kampus Mengajar

Abstract

Program Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar di SD GUPPI Uswatun Hasanah bertujuan untuk membangun karakter dan meningkatkan keterampilan siswa SD dalam menghadapi tantangan masa depan. Melalui kerjasama antara mahasiswa Kampus Mengajar dan guru - guru lokal, program ini memperkenalkan metode pembelajaran inovatif yang fokus pada pengembangan karakter, literasi numerasi, dan keterampilan abad ke-21. Siswa dilibatkan dalam proyek berbasis masalah, diskusi kelompok, dan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam matematika dan pengetahuan dasar lainnya. Program ini juga memperhatikan pentingnya mendukung siswa dalam membangun karakter positif seperti disiplin, kerja sama, dan empati. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan berpikir kritis, serta partisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan pendekatan yang kontekstual dan berpusat pada siswa, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-04-2025

How to Cite

Saragih, Y. I. W., Fauzi, M., Manik, J. K., & Rikawati, R. (2025). Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar “Membangun Karakter dan Keterampilan Siswa SD Guppi Uswatun Hasanah untuk Indonesia Emas”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 5(1), 145-150. https://doi.org/10.36985/6agnpf12

Similar Articles

11-20 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)