Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata Nagori Tigaras
DOI:
https://doi.org/10.36985/z6294a61Keywords:
Desa Wisata, Pengelolaan Pariwisata, Strategi Bisnis WisataAbstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata Nagori Tigaras. Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi masyarakat Nagori Tigaras dalam menjalankan bisnis Desa Wisata. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat Nagori Tigaras berjumlah 15 orang. Pendampingan kegiatan ini dilakukan dengan cara ceramah bervariasi dan evaluasi. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep bisnis, macam media, kelebihan dan kekurangan penggunaan media dalam bisnis wisata, keramahtamahan 3S (Senyum, Salam, Sapa), pemberdayaan masyarakat setempat untuk bisnis Homestay dan langkah-langkah pengelolaan bisnis usaha Desa Wisata. Pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh antusias peserta, pangulu dan dana kegiatan. Adapun kendala yang dihadapi adalah para peserta adalah berfikir bahwa bisnis yang sedang dijalankan sudah baik/ berda pada zona nyaman; Tidak mau pusing; Bingung cara memulai mengembangkan usahanya; Tidak melihat adanya potensi lain yang dapat dikelola dan dikembangkan; Tidak memiliki dukungan; Tidak ada mentor dalam bisnis. Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan pengabdian ini antara lain dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risma N Munthe, Resna Napitu, Desmi Purba, Pirma Simbolon, Pandapotan Simatupang, Mahaitin H Sinaga (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.