Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Pengembangan UKM Di Daerah Wisata Tigaras
DOI:
https://doi.org/10.36985/64v7y513Keywords:
Pemasaran, Komunikasi, InstagramAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata Tigaras. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu masyarakat Tigaras dalam menjalankan usaha Desa Wisata melalui media sosial Instagram. Target audiens kegiatan ini adalah masyarakat Tigaras yang berjumlah 20 orang. Pendampingan kegiatan ini dilakukan melalui berbagai perkuliahan, aplikasi dan evaluasi. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep bisnis, penggunaan media, keuntungan dan kerugian penggunaan media dalam bisnis pariwisata, 3S hospitality (Smile, Greeting, Greet), pemberdayaan masyarakat sekitar untuk bisnis kuliner, Homestay dan langkah-langkah pengelolaan Pariwisata. Bisnis desa melalui media sosial Instagram. Pelaksanaan kegiatan ini didukung oleh antusiasme peserta, Pangulu dan dana kegiatan. Kendala yang dihadapi adalah peserta menganggap bahwa usaha yang dijalankan baik/berada di zona nyaman; Bingung bagaimana mengembangkan usahanya; Tidak melihat adanya potensi lain yang dapat dikelola dan dikembangkan; tidak memahami penggunaan media sosial Instagram; Tidak ada mentor dalam bisnis. Manfaat yang dapat diperoleh peserta dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain meningkatkan jumlah pengunjung wisata
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yoan Hendrawan Junpridan Saragih, Tuahman Sipayung, Taufik Parinduri, Fariaman Purba, Rosita M Girsang, Yesni Damanik (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.