EDUKASI LITERASI KEUANGAN DIGITAL BAGI UMKM DALAM PENGEMBANGAN WISATA PANTAI PARISKABUPATEN SIMALUNGUN
DOI:
https://doi.org/10.36985/nnxenw51Kata Kunci:
MSMEs, Digital Financial Literacy, Tourism EconomyAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat edukasi literasi keuangan digital bagi UMKM di Pantai Paris ini bertujuan untuk mengedukasi UMKM agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan peningkatan pendapatan serta diharapkan UMKM dan masyarakat memiliki pengetahuan literasi keuangan digital. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya - jawab dan tatap muka dengan para peserta edukasi. Hasil dari kegiatan ini adalah pertama, Pengembangan usaha UMKM Pariwisata atau obyek wisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan UMKM terjadi selama ini di Pantai Paris di Nagori Tigaras haruslah mulai dikembangkan kearah pariwisata yang berkelanjutan yang didukung oleh pemerintah daerah melalui program berkelanjutan dan bermanfaat; Kedua, Literasi keuangan digital yang masih rendah dari UMKM di Pantai Paris masih perlu menjadi perhatian khusus bagi Bank Indonesia, Pemerintah dan Lembaga Keuangan Lainnya agar dapat membantu keberlanjutan dari usaha UMKM tersebut; dan Ketiga, kurangnya perhatian pemerintah daerah untuk menyediakan prasarana dan sarana di sekitar wilayah UMKM di Nagori Tigaras.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Pawer Darasa Panjaitan, Darwin Damanik, Dian G Purba, Albenopri Simarmata, Yosi Irawelda Saragih, Monika Siallagan, Tasya Isnani Tan, Ester Lumbanraja, Grace Naibaho (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

