Pendampingan Penerapan Digital Marketing Pada UMKM Super Bakso Indonesia Pematang Siantar

Penulis

  • Yoan Hendrawan Junpridan Saragih Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun , Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Khairun Annisa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Roslina Tamara Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Mahaitin H Sinaga Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Yesni Riana Damanik Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Yuli S N Girsang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Fariaman Purba Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Toga Sihite Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Penulis
  • Pandapotan Simatupang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Desmi Triyanti Purba Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Rosita Manawari Girsang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis
  • Esteriani Saragih Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/966xkn88

Kata Kunci:

Pemasaran Digital

Abstrak

Pemasaran merujuk pada serangkaian aktivitas, proses, dan strategi yang bertujuan untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan. Pemasaran tidak hanya sekadar menjual produk atau jasa, melainkan juga mencakup seluruh proses yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara organisasi dan konsumen. Secara teoritis, pemasaran juga dapat dipahami sebagai proses pertukaran nilai antara perusahaan dan konsumennya. Nilai ini bisa berupa manfaat dari produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen, sedangkan perusahaan memperoleh nilai berupa keuntungan atau loyalitas pelanggan. Pendampingan penerapan digital marketing bagi UMKM bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar melalui berbagai platform digital. Dengan pendampingan yang terstruktur, UMKM akan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menjalankan strategi pemasaran online yang efektif dan efisien

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-11-01

Cara Mengutip

Saragih, Y. H. J., Khairun Annisa, Roslina Tamara, Sinaga, M. H., Damanik, Y. R., Girsang, Y. S. N., Purba, F., Sihite, T., Simatupang, P., Purba, D. T., Girsang, R. M., & Saragih, E. (2024). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Pada UMKM Super Bakso Indonesia Pematang Siantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 188-193. https://doi.org/10.36985/966xkn88

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>