Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Obat-Obatan Pada Apotek Mutiara Farma

Authors

  • Veronica Wijaya , Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis, Multi Sarjana Manajemen Administrasi dan Rekayasa Teknologi Author
  • Feriani Astuti Tarigan Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis, Multi Sarjana Manajemen Administrasi dan Rekayasa Teknologi Author
  • Tania Sten Lim Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis, Multi Sarjana Manajemen Administrasi dan Rekayasa Teknologi Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/8mb1hk81

Keywords:

Kepercayaan, Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pengaruh kepercayaan pelanggan dan customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah tidak diketahui. Teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Moe dan berjumlah 96 responden. Metode analisis ini mencakup validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji T dan F, dan uji koefisien determinasi (R2). Kepercayaan pelanggan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Mutiara Farma. Customer Relationship Management (CRM) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Mutiara Farma. Kepercayaan Pelanggan dan Customer Relationship Management (CRM) secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Mutiara Farma.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Wijaya, V., Tarigan, F. A., & Lim, T. S. (2025). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Pembelian Obat-Obatan Pada Apotek Mutiara Farma. Jurnal Ekuilnomi, 7(3), 649-655. https://doi.org/10.36985/8mb1hk81

Most read articles by the same author(s)