Pengaruh Information Quality, Information Quantity, Information Credibility,Needs of Information, Dan Attitude Towards Information Terhadap Information Adoption Dan Purchase Intention Pada Wisatawan Kota Batam

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/yfzqsy25

Kata Kunci:

Information Quality, Information Credibility, Needs of Information, Attitude Towards Information, Information Adoption

Abstrak

Batam merupakan kota yang terkenal dengan statusnya sebagai tujuan wisata andalan. Kota Batam memiliki fasilitas pariwisata yang sangat baik, aksesibilitas yang mudah, dan beragam fasilitas umum yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh information quality, information quantity, information credibility, needs of information, serta attitude towards information terhadap information adoption dan purchase intention pada wisatawan yang mengunjungi Kota Batam. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan terhadap 304 orang. Data dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS dengan SMARTPLS Versi 4.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa information quality, information credibility, needs of information, dan attitude towards information membawa efek yang signifikan atas information adoption. Namun, information quantity tidak mendatangkan efek signifikan atas information adoption. Information adoption tidak dapat mendatangkan pengaruh signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, information adoption mampu memediasi pengaruh information quality, needs of information, dan attitude towards information terhadap purchase intention, tetapi tidak mampu memediasi hubungan information quantity dan information credibility terhadap purchase intention

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Sinambela, F. A., Herman, H., & Fahlevi, R. (2025). Pengaruh Information Quality, Information Quantity, Information Credibility,Needs of Information, Dan Attitude Towards Information Terhadap Information Adoption Dan Purchase Intention Pada Wisatawan Kota Batam. Jurnal Ekuilnomi, 7(2), 517 – 526. https://doi.org/10.36985/yfzqsy25

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama