Peranan Fashion Influencer Terhadap Niat Pembelian Oleh Konsumen Generasi Z

Authors

  • Febryna Adinda Syafutri Universitas Internasional Batam Author
  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam Author
  • Rizni Aulia Qadri Universitas Internasional Batam Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/5exs8213

Keywords:

Kepercayaan, Daya Tarik, Keahlian

Abstract

Persaingan bisnis fashion semakin kompetitif. Perusahaan fashion menggunakan pemasaran melalui media sosial sebagai salah satu saluran pemasaran. Peranan influencer menjadi penting di dalam pemasaran melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai seberapa besar pengaruh kepercayaan, daya tarik, dan keahlian seorang influencer fashion terhadap sikap dan daya beli konsumen generasi Z (gen Z). Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebesar 300 orang. Data penelitian diolah dengan teknik SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, daya tarik dan keahlian dapat memengaruhi sikap konsumen. Demikian juga dengan variabel sikap yang dapat memengaruhi niat konsumen dalam membeli produk fashion. Penelitian ini akan memberikan kontribusi kepada perusahaan fashion di dalam menentukan influencer fashion yang tepat sehingga dapat memenangkan persaingan di dalam bisnis fashion

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Syafutri, F. A., Fahlevi, R., & Qadri, R. A. (2025). Peranan Fashion Influencer Terhadap Niat Pembelian Oleh Konsumen Generasi Z. Jurnal Ekuilnomi, 7(1), 178-185. https://doi.org/10.36985/5exs8213

Similar Articles

1-10 of 41

You may also start an advanced similarity search for this article.