Manfaat Moral Reasoning Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas XI TKJ Trisakti Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Krissi Wahyuni Saragih Universitas Simalungun
  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun
  • Christian Daniel Hermes Universitas Simalungun
  • Netty Elvan Safitri Simbolon Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v5i1.1412

Keywords:

Moral Reasoning, Peningkatan Karakter, Peserta Didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat moral reasoning dalam peningkatan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI TKJ TRISAKTI Pematangsiantar serta untuk mengetahui upaya penerapan moral reasoning terhadap materi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada peserta didik di kelas XI TKJ TRISAKTI Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data dan analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta angket yang dilakukan dengan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) TRISAKTI Pematangsiantar. Pembelajaran moral reasoning dalam penigkatan karakter di kelas XI TKJ TRISAKTI sangat penting bagi peserta didik dan sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. oleh karena itu, penggunaan metode pembelajaran moral reasoning dapat menjadi alternatif yang tepat untuk membantu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran peserta didik, serta membantu membangun karakter peserta didik yang bermoral dan beretika. Penerapan moral reasoning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai-moral bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa agar memiliki jati diri dan penerapan pembelajaran moral reasoning untuk membentuk Moralitas dan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran. Tujuannya membentuk moralitas dan karakter siswa

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Saragih, K. W., Sitinjak, I. Y., Christian Daniel Hermes, & Simbolon, N. E. S. (2024). Manfaat Moral Reasoning Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas XI TKJ Trisakti Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 29–37. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v5i1.1412

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>