Pendampingan Penerapan Digital Marketing Pada UMKM Super Bakso Indonesia Pematang Siantar

Authors

  • Yoan Hendrawan Junpridan Saragih Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Rosita Manawari Girsang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Desmi Triyanti Purba Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Pandapotan Simatupang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Toga Sihite Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Simalungun Author
  • Fariaman Purba Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Yuli S N Girsang Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Yesni Riana Damanik Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Mahaitin H Sinaga Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Roslina Tamara Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Khairun Annisa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author
  • Esteriani Saragih Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/966xkn88

Keywords:

Pemasaran Digital

Abstract

Pemasaran merujuk pada serangkaian aktivitas, proses, dan strategi yang bertujuan untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan. Pemasaran tidak hanya sekadar menjual produk atau jasa, melainkan juga mencakup seluruh proses yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara organisasi dan konsumen. Secara teoritis, pemasaran juga dapat dipahami sebagai proses pertukaran nilai antara perusahaan dan konsumennya. Nilai ini bisa berupa manfaat dari produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen, sedangkan perusahaan memperoleh nilai berupa keuntungan atau loyalitas pelanggan. Pendampingan penerapan digital marketing bagi UMKM bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar melalui berbagai platform digital. Dengan pendampingan yang terstruktur, UMKM akan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menjalankan strategi pemasaran online yang efektif dan efisien

Downloads

Published

01-11-2024

How to Cite

Saragih, Y. H. J., Girsang, R. M., Purba, D. T., Simatupang, P., Sihite, T., Purba, F., Girsang, Y. S. N., Damanik, Y. R., Sinaga, M. H., Roslina Tamara, Khairun Annisa, & Saragih, E. (2024). Pendampingan Penerapan Digital Marketing Pada UMKM Super Bakso Indonesia Pematang Siantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 188-193. https://doi.org/10.36985/966xkn88

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>