Optimalisasi Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbahasa Inggris Berbasis Canva Dan Powtoon Untuk Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.36985/049rw726Keywords:
Media Ajar Interaktif, Canva, Powtoon, Guru Sekolah Dasar, Bahasa Inggris DasarAbstract
Keterbatasan literasi digital dan kemampuan bahasa Inggris guru sekolah dasar menjadi tantangan utama dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan kontekstual, khususnya di lingkungan sekolah dengan akses teknologi yang terbatas. Mitra pengabdian dalam kegiatan ini adalah SD Negeri 17 Tanjung Selamat, yang menunjukkan kebutuhan mendesak terhadap pelatihan teknologi pendidikan yang aplikatif dan berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kapasitas guru dalam merancang media ajar interaktif berbasis Canva dan Powtoon dengan integrasi elemen bahasa Inggris sederhana yang sesuai untuk siswa tingkat dasar. Metode pelaksanaan mencakup tiga tahap utama: asesmen kebutuhan melalui angket dan wawancara, pelatihan intensif selama dua hari secara luring yang berfokus pada eksplorasi fitur aplikasi, serta pendampingan selama dua minggu secara daring dan luring untuk mendukung implementasi hasil pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 91% guru berhasil menghasilkan media ajar digital, baik dalam bentuk presentasi interaktif maupun video animasi pembelajaran. Rata-rata skor pengetahuan peserta meningkat signifikan dari pre-test (45,6) ke post-test (82,1), dan mayoritas menyatakan peningkatan kepercayaan diri dalam memanfaatkan media digital. Hambatan yang ditemui seperti keterbatasan internet, waktu, dan kendala teknis menjadi catatan penting untuk pengembangan program lebih lanjut. Keberhasilan ini juga ditandai dengan terbentuknya komunitas belajar daring antar guru sebagai wujud keberlanjutan program. Program ini terbukti efektif dan memiliki potensi replikasi di sekolah dasar lain yang menghadapi tantangan serupa dalam transformasi digital pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Indah Rezeki, Rakhmat Wahyudin Sagala (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.