Pembudidayaan Tanaman Vertikultur Melalui Program Mengabdi Dosen Dan Mahasiswa Biologi USI Di SMP Swasta RK Deli Murni Sibolangit

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36985/25k7dk62

Keywords:

Pembudidayaan, Tanaman, Vertikultur

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan peningkatkan minat kaum muda terhadap pertanian yang akhir akhir ini menjadi salah satu ancaman bagi perkembangan pertanian. Jika hal ini terus dibiarkan tanpa solusi akan menyebabkan menurunan pembangunan pertanian. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan edukasi tentang Pembudidayaan tanaman pertanian dari mulai sedini mungkin dimulai dari para siswa Sekolah Dasar yang dikemas semenarik mungkin dengan pertanian vertikultur. Kegitan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Swasta RK Deli Murni Sibolangit. Metode yang digunakan untuk mengedukasi para siswa SMP adalah dengan pembuatan pertanian vertikultur menggunakan pot - pot yang memanjang ke atas dan dengan menggunakan rak yang disusun bertingkat. Dan diedukasikan tanaman yang ditanam adalah tanaman-tanaman sayuran. Pengabdian ini dilaksanakan oleh dosen berkolaborasi dengan mahasiswa dan sekolah mitra. Pelaksanaan Pengabdian ini bersesuaian dengan beberapa mata kuliah yang tercantum dalam kurikulum dan diaplikasikan kedalam kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. Dari hasil pengabdian yang dilaksanakan terlihat antusias siswa - siswi SMP Swasta RK Deli Murni sibolangit sangat tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

Sinaga, D. P. ., Ariska, W. ., Situmorang, S. ., Huda, M. K. ., Saragih, M. ., Rejagukguk, S. ., Sitopu, J. W. ., Damanik, R. ., Hulu, I. L. ., Piliang, F. M. ., Tridelpina, S. ., Siboro, T. D. ., & Amelia, M. . (2024). Pembudidayaan Tanaman Vertikultur Melalui Program Mengabdi Dosen Dan Mahasiswa Biologi USI Di SMP Swasta RK Deli Murni Sibolangit. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(1), 49-55. https://doi.org/10.36985/25k7dk62

Most read articles by the same author(s)