Penguatan Kompetensi Guru - Guru SMK Teladan Tanah Jawa Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi

Penulis

  • Andriono Manalu Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar , Penulis
  • Winarto Silaban Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar , Penulis
  • Rina Devi Romauli Siahaan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Universitas HKBP Nommensen , Penulis
  • Samuel Pangapoi Simatupang Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar , Penulis
  • Tommy Perkasa Hutahuruk Program Studi Pendidikan IPA FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar , Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/3gpa7t04

Kata Kunci:

Kompetensi Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Peningkatan Pembelajaran

Abstrak

Konsep pembelajaran berdiferensiasi merupakan konsep yang bagus dan ideal, tapi menjadi tantangan guru untuk kreatif. Dengan pembelajaran itu, potensi peserta didik dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan tingkat pencapaiannya. Namun untuk mencapai pembelajaran yang sesuai dengan konsep itu, guru harus berjuang menjadi fasilitator andal, perlu perjuangan dan kerja keras guru. Tujuan penulisan ini adalah untuk menguraikan dan mengekplorasi implementasi Pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu upaya peningkatan keberhasilan pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dari berbagai referensi yang relevan dengan gejala yang diamati yaitu pada Pembelajaran berdiferensiasi. Keberhasilan implementasi pembelajaran berdiferensiasi diusahakan oleh guru dengan: Pertama, guru harus mengetahui berbagai karakteristik peserta didik. Pengetahuan guru tentang kondisi keberagaman siswa menjadi dasar untuk merancang pembelajaran; Kedua, guru perlu menyusun asesmen diagnostik dan formatif pada awal pembelajaran. Asesmen diagnostik dilaksanakan untuk mengetahui keberagaman peserta didik. Adapun asesmen formatif pada awal pembelajaran untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik; Ketiga, guru perlu menggunakan multimetode, multimedia, dan multisumber. Panerapan metode, media dan sumber belajar yang bervariasi dapat mangakomodasi berbagai tipe belajar poberta didik baik tipe visual, auditon maupun kinestetik

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Manalu, A., Silaban, W., Siahaan, R. D. R., Simatupang, S. P., & Hutahuruk, T. P. (2024). Penguatan Kompetensi Guru - Guru SMK Teladan Tanah Jawa Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 410-414. https://doi.org/10.36985/3gpa7t04

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama