KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8 DI SMP NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI
DOI:
https://doi.org/10.36985/ej2jzt10Kata Kunci:
Kampus Mengajar, literasi, numerasi, pendidikan inklusif, SMPAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 8 di SMP Negeri 1 Panombeian Panei, dengan fokus pada dampaknya terhadap kualitas pendidikan, khususnya dalam aspek literasi, numerasi, dan penerapan pendidikan inklusif. Pengabdian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkenalkan metode pembelajaran kreatif, serta membangun kolaborasi yang efektif antara mahasiswa peserta program dan guru. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya waktu pelaksanaan program, dan adaptasi awal antara mahasiswa dan lingkungan sekolah. Meskipun demikian, program ini juga membuka peluang untuk penguatan kualitas pembelajaran, peningkatan keterampilan siswa, dan pengembangan profesional mahasiswa. Rekomendasi yang diajukan meliputi penguatan pelatihan peserta, penyediaan fasilitas pendukung, serta monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan dampak program
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Fauzi, Yosi Irawelda Wahyuni Saragih, Jun Kifran Manik, Rikawati Rikawati, Pawer Darasa Panjaitan, Darwin Damanik (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

