Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone iPhone di Surakarta

Authors

  • Muhammad Bahtiar Andika Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Author
  • Wuryaningsih Dwi Lestari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/wew6s967

Keywords:

Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Asosiasi Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek loyalitas merek dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian pada produk Smartphone Iphone di Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berbentuk google form dengan skala Likert 5 poin. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone iphone, sedangkan sampel diambil melalui metode menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat umum di kota Surakarta yang membeli smartphone iphone sebanyak 100 responden. Uji instrument data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Lalu untuk uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Bahtiar Andika Putra, M., & Dwi Lestari, W. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone iPhone di Surakarta. Jurnal Ekuilnomi, 5(1), 165 – 172. https://doi.org/10.36985/wew6s967

Similar Articles

11-19 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.