Peran Paylater Sebagai Moderasi Pengaruh Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce (Studi Kasus Pada Kalangan Milenial Di Kota Denpasar)
DOI:
https://doi.org/10.36985/yvvd0308Keywords:
Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Paylater, Milenial, DenpasarAbstract
Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali merupakan salah satu daerah yang mengalami perubahan pola konsumsi. Hasil lainnya menyebutkan bahwa 55 persen responden menyatakan bahwa lebih senang berbelanja secara online dibandingkan offline, dengan usia responden yang menjawab masuk ke kategori generasi milenial. Dari hasil pra survey juga diketahui hampir 60 persen masyarakat sering berbelanja tanpa direncanakan sebelumnya pada di e-commerce. Penelitian ini akan menguji shopping lifestyle sebagai variabel bebas terhadap impulse buying sebagai variabel terikat yang dimoderasi oleh paylater pada e-commerce di kalangan milenial di Kota Denpasar. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi moderasi dengan menggunakan metode selisih nilai mutlak. Analisa ini dipergunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh Peran Paylater Sebagai Moderasi Pengaruh Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying. Dari penelitian ini, diperoleh hasil (1) Shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying milenial Di kota denpasar Semakin tinggi shopping lifestyle yang dilakukan maka menyebabkan impulse buying milenial di kota denpasar semakin meningkat. (2) Paylater mampu memoderasi hubungan shopping lifestyle dengan impulse buying dengan objek penelitian milenial Di kota denpasar. Semakin tinggi penggunaan paylater, maka semakin meningkatkan impulse buying milenial di kota denpasar. Kepada peneliti selanjutnya, khususnya yang berminat meneliti shopping lifestyle, impulse buying dan paylater disarankan dalam pengembangan penelitian dengan mempergunakan dimensi serta indikator dengan cakupan meluas supaya hasil riset menguji keunggulannya, serta berharap melakukan pengujian variabel lainnya yang terindikasi kuat memiliki pengaruh terhadap impulse buying
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Made Risma M Arsha, Ida Ayu Putu Widani Sugianingrat, Ida Ayu Sasmita Dewi, Putu Sri Hartati, Dewa Nyoman Benni Kusyana (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.