Pengaruh Information Quality, Information Quantity, Information Credibility,Needs of Information, Dan Attitude Towards Information Terhadap Information Adoption Dan Purchase Intention Pada Wisatawan Kota Batam

Authors

  • Fitriana Aidnilla Sinambela Universitas Internasional Batam Author
  • Herman Herman Universitas Internasional Batam Author
  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/yfzqsy25

Keywords:

Information Quality, Information Credibility, Needs of Information, Attitude Towards Information, Information Adoption

Abstract

Batam merupakan kota yang terkenal dengan statusnya sebagai tujuan wisata andalan. Kota Batam memiliki fasilitas pariwisata yang sangat baik, aksesibilitas yang mudah, dan beragam fasilitas umum yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh information quality, information quantity, information credibility, needs of information, serta attitude towards information terhadap information adoption dan purchase intention pada wisatawan yang mengunjungi Kota Batam. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan terhadap 304 orang. Data dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS dengan SMARTPLS Versi 4.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa information quality, information credibility, needs of information, dan attitude towards information membawa efek yang signifikan atas information adoption. Namun, information quantity tidak mendatangkan efek signifikan atas information adoption. Information adoption tidak dapat mendatangkan pengaruh signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, information adoption mampu memediasi pengaruh information quality, needs of information, dan attitude towards information terhadap purchase intention, tetapi tidak mampu memediasi hubungan information quantity dan information credibility terhadap purchase intention

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Sinambela, F. A., Herman, H., & Fahlevi, R. (2025). Pengaruh Information Quality, Information Quantity, Information Credibility,Needs of Information, Dan Attitude Towards Information Terhadap Information Adoption Dan Purchase Intention Pada Wisatawan Kota Batam. Jurnal Ekuilnomi, 7(2), 517 – 526. https://doi.org/10.36985/yfzqsy25

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.