Perilaku Penggunaan Dompet Digital Oleh Konsumen Generasi Z Saat Berwisata
DOI:
https://doi.org/10.36985/gecxpb52Kata Kunci:
Dompet Digital, Sikap, Kemudahan Dalam Penggunaan, Manfaat Dalam Penggunaan, Pengaruh SosialAbstrak
Penggunaan dompet digital yang meningkat sejak tahun 2020 menjadi salah satu topik penelitian yang banyak diteliti di berbagai negara, seperti India, Indonesia, Malaysia, Sri Lanka, dan Vietnam. Dompet digital di negara Indonesia juga semakin banyak, contohnya seperti Shopeepay, OVO, Gopay, LinkAja, dan lain-lain. Pada penelitian ini mengangkat topik tentang konsumen Gen Z yang menggunakan dompet digital saat berwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perilaku penggunaan dompet digital oleh konsumen Generasi Z (Gen Z) untuk berwisata. Tiga variabel independen digunakan pada penelitian ini yaitu Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Social Influence serta satu variabel Attitude sebagai mediasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Gen Z yang menggunakan dompet digital untuk berwisata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengolahan data menggunakan pendekatan SEM-PLS dan diolah dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber data bagi perusahaan aplikasi dompet digital dalam memahami perilaku konsumen Gen Z dalam menggunakan dompet digital untuk berwisata
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Renza Fahlevi, Elsa, Fitriana Aidnilla Sinambela

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.






