Analisis Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Di Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.36985/xq536h82Keywords:
Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan, Aspek Operasional, Aspek Sumber Daya Manusia, Kinerja PDAMAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh apakah aspek keuangan yang terdiri dari variable Return on equity, Ratio operasi, Ratio Kas, Efektivitas Penagihan, dan Solvabilitas, aspek pelayanan, yang terdiri dari variable yaitu cakupan pelayanan, pertumbuhan pelanggan, tingkat penyelesaian pengaduan, kualitas air pelanggan dan konsumsi air domestik, aspek operasional yang terdiri dari efesiensi produksi, tingkat kehilangan air, jam operasi layanan, tekanan sambungan pelanggan dan penggantian meter air, aspek sumber daya manusia variable yaitu ratio jumlah pegawai per 1000 pelanggan, ratio diklat pegawai per peningkatan kompetensi dan biaya diklat terhadap biaya pegawai. Penelitian ini menggunakan data populasi dari 18 PDAM yang ada di Sumatera Utara dengan menggunakan data time series tahun 2017 dan 2018.Data dianalisis dengan menggunakan analisa regressi linear berganda dan di dapat persamaan Y = 1.780 + 0,007X1 - 0,008X2 + 7,836E-6X3 + 0,007X4 + 1,098E-6X5 + 0,003X6 + 0,001X7 -0,002X8 + 0,002X9 + 0,016X10 + 0,008X11 – 0,016X12 + 0,019X13 + 0,004X14 + 0,020X15 - 0,071X16 - 0,001X17 + 0,109X18 + e. Secara simultan variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PDAM. Secara partial, Return on equity (X1), Efektivitas Penagihan(X4), Cakupan pelayanan (X6), Effesiensi produksi (X11), Tekanan sambungan pelanggan (X14) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PDAM. Secara partial, Ratio kas(X3), Solvabilitas (X5), Pertumbuhan pelanggan (X7), Kualitas air pelanggan (X9), Konsumsi air domestik (X10), Jam operasi layanan (X13), Penggantian meter air (X15), Biaya diklat terhadap biaya pegawai (X18) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja PDAM. Secara partial Ratio operasi (X2), Tingkat kehilangan air (X12), Ratio jumlah pegawai per 1.000 pelanggan (X16) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja PDAM. Secara partial Tingkat penyelesaian pengaduan (X8), Ratio diklat pegawai per peningkatan kompetensi, (X17) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja PDAM
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Djuli Sjafei Purba (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.