Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar , AnimaliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 252 orang dan
jumlah sampel sebanyak 62 orang siswa (Cluster Random Sampling). Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t hitung (3,12) > t tabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2020/2021.