Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Palipi T.A 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.36985/w8dk6x90Kata Kunci:
Model Pembelajaran Discovery Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Palipi T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen posttest-pretest dengan desain dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP N I Palipi pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Banyaknya siswa pada setiap kelas adalah 31. Dari hasil uji hipotesis (uji dua sisi) pada taraf signifikansi α = 0,05 diketahui bahwa kedua sampel mempunyai probabilitas awal yang sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Discovery learning dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, diperoleh hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 71,45 dengan standar deviasi 10,74 dan nilai rata-rata 10,74. Rata-rata nilai postes kelas kontrol sebesar 64,68 dengan standar deviasi sebesar 13,16. Hasil pengujian hipotesis melalui uji t tunggal menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan mempunyai dampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang diajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mutiara Putri Sihombing, Hisarma Saragih, Andres M. Ginting, Satria Chandra (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.