Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat Kunjung) Wisatawan Pada Objek Air Terjun Bah Biak Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.36985/7yc8ke93Keywords:
Citra Wisata, Harga, Kualitas Pelayan, Lokasi, Minat Kunjung UlangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang dominan mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Bahbiak Kec. Sidamanik, Kab. Simalungun, sampel yang diambil menggunakan accidental sampling sebanyak 100 orang.Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reabilitas dan KMO (Kaiser Meyer Olkin). Hasil penelitian menggunakan analisis faktor KMO (Kaiser Meyer Olkin) diperoleh Bartlett’s Test of Sphericity 0,902 Dari hasil analisis faktor yang terbentuk adalah 4 faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang. Faktor 1 adalah variabel citra wisata memiliki nilai 0,840 dan merupakan faktor dominan pertama yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan di objek wisata Air Terjun Bahbiak, faktor 2 adalah kualitas pelayan yang memiliki nilai 0,801, merupakan faktor dominan kedua, dan yang masuk kedalam faktor 3 adalah harga yang memiliki nilai 0,777 sehingga merupakan faktor dominan ketiga, serta yang masuk kedalam faktor 4 adalah variabel lokasi yang memiliki nilai 0,636 sehingga lokasi merupakan faktor dominan keempat yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan di objek wisata Air Terjun Bahbiak
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Damayanti Safitri, Liharman Saragih, Johanes Wilfrid Pangihutan Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.