Peranan Fashion Influencer Terhadap Niat Pembelian Oleh Konsumen Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.36985/5exs8213Keywords:
Kepercayaan, Daya Tarik, KeahlianAbstract
Persaingan bisnis fashion semakin kompetitif. Perusahaan fashion menggunakan pemasaran melalui media sosial sebagai salah satu saluran pemasaran. Peranan influencer menjadi penting di dalam pemasaran melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai seberapa besar pengaruh kepercayaan, daya tarik, dan keahlian seorang influencer fashion terhadap sikap dan daya beli konsumen generasi Z (gen Z). Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebesar 300 orang. Data penelitian diolah dengan teknik SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, daya tarik dan keahlian dapat memengaruhi sikap konsumen. Demikian juga dengan variabel sikap yang dapat memengaruhi niat konsumen dalam membeli produk fashion. Penelitian ini akan memberikan kontribusi kepada perusahaan fashion di dalam menentukan influencer fashion yang tepat sehingga dapat memenangkan persaingan di dalam bisnis fashion
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febryna Adinda Syafutri, Renza Fahlevi, Rizni Aulia Qadri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.