PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Salome Rajagukguk Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/yx2q3t40

Keywords:

Penerapan, Model Scramble, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model scarmbel terhadap peningkatan hasil belajar biologi SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA-1 SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model kolaborasi yang mengutamakan kerjasama antara guru, dan peneliti. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar siswa sebanyak 20 soal. Sebelum dijadikan alat pengumpul data instrumen yang telah disusun terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil peningkatan berpikir kritis siswa yakni pada siklus I sebesar 60,00 lalu meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80,00. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran scamble dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA YPK Pematangsiantar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANGSIANTAR. (2021). Jurnal Metabio, 3(1), 35-39. https://doi.org/10.36985/yx2q3t40

Similar Articles

21-30 of 67

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)