Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP PTPN IV Bah Jambi

Penulis

  • Hoddy Aman Sidabutar Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Asnewastri Asnewastri Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Andres M Ginting Ginting Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/1mj30q64

Kata Kunci:

WhatsApp, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kelas VII, SMP, Teknologi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII SMP PTPN IV Bah Jambi. WhatsApp, yang merupakan aplikasi pesan instan yang populer, memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh maupun tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang melibatkan siswa dan guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran IPS di kelas VII dapat meningkatkan interaksi antara siswa dan guru, mempercepat distribusi materi, serta memfasilitasi diskusi kelompok. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan pemahaman teknis dan kurangnya waktu untuk memanfaatkan aplikasi secara optimal, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa WhatsApp dapat menjadi media yang efektif dalam mendukung proses belajar mengajar, terutama dalam meningkatkan partisipasi siswa dan mempermudah komunikasi dua arah. Oleh karena itu, disarankan agar aplikasi WhatsApp dimanfaatkan lebih maksimal dengan bimbingan yang memadai kepada siswa dan guru dalam penggunaan teknologi ini. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

11/27/2023

Cara Mengutip

Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP PTPN IV Bah Jambi. (2023). Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora Dan Ilmu Sosial, 1(2), 31-48. https://doi.org/10.36985/1mj30q64

Artikel Serupa

11-19 dari 19

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.