PERANAN BUKU PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs AL JIHAD KERASAAN KECAMATAN PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Christian Daniel Hermes Prodi PPKn FKIP USI Author
  • Imman Yusuf Sitinjak Prodi PPKn FKIP USI Author
  • Rosma Fajar Prodi PPKn FKIP USI Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/gyrj4269

Keywords:

Buku Perpustakaan, Prestasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana siswa-siswi kelas VII MTs Al Jihad Kerasaan dalam memanfaatkan buku perpustakaan untuk peningkatan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII dan VIII MTs Al Jihad Kerasaan sedangkan sampel ditetapkan berjumlah 40 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data yaitu berdasarkan observasi, wawancara, dan pemberian angket. Untuk mencari hubungan antara variabel bebas dan terikat dipergunakan koefisien korelasi Product Moment oleh Pearson. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai Rxy dalam penelitian ini adalah 0,663. Hal ini melebihi nilai tabel “R” product moment dimana yang dijadikan patokan untuk N = 40 adalah 0,312. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa korelasi kegiatan dalam memanfaatkan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa-siswi MTs Al Jihad Kerasaan adalah signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

PERANAN BUKU PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs AL JIHAD KERASAAN KECAMATAN PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN. (2020). Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 31-38. https://doi.org/10.36985/gyrj4269

Similar Articles

11-20 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>