Perilaku Penggunaan Dompet Digital Oleh Konsumen Generasi Z Saat Berwisata

Authors

  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam Author
  • Elsa Elsa Universitas Internasional Batam Author
  • Fitriana Aidnilla Sinambela Universitas Internasional Batam Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/gecxpb52

Keywords:

Dompet Digital, Sikap, Kemudahan Dalam Penggunaan, Manfaat Dalam Penggunaan, Pengaruh Sosial

Abstract

Penggunaan dompet digital yang meningkat sejak tahun 2020 menjadi salah satu topik penelitian yang banyak diteliti di berbagai negara, seperti India, Indonesia, Malaysia, Sri Lanka, dan Vietnam. Dompet digital di negara Indonesia juga semakin banyak, contohnya seperti Shopeepay, OVO, Gopay, LinkAja, dan lain-lain. Pada penelitian ini mengangkat topik tentang konsumen Gen Z yang menggunakan dompet digital saat berwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perilaku penggunaan dompet digital oleh konsumen Generasi Z (Gen Z) untuk berwisata. Tiga variabel independen digunakan pada penelitian ini yaitu Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Social Influence serta satu variabel Attitude sebagai mediasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Gen Z yang menggunakan dompet digital untuk berwisata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pengolahan data menggunakan pendekatan SEM-PLS dan diolah dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber data bagi perusahaan aplikasi dompet digital dalam memahami perilaku konsumen Gen Z dalam menggunakan dompet digital untuk berwisata

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Fahlevi, R., Elsa, E., & Sinambela, F. A. (2025). Perilaku Penggunaan Dompet Digital Oleh Konsumen Generasi Z Saat Berwisata. Jurnal Ekuilnomi, 7(1), 139-147. https://doi.org/10.36985/gecxpb52

Similar Articles

11-20 of 175

You may also start an advanced similarity search for this article.